Friday, April 1, 2016

Masjid Babussalam Sibuluan, Pandan, Tapanuli Tengah

Horas Tapteng Nauli!

Tak jauh dari perbatasan kota Sibolga - Pandan, di tepi jalan raya Pandan menuju Padang Sidempuan, berdiri masjid Babussalam, tepatnya di Sibuluan.

Masjid 2 tingkat ini bertipe masjid dengan taman, suasana asri begitu terasa, tak heran siapa saja yang berkunjung ke masjid akan merasa nyaman betah.

Di bagian depan, tanaman bonsai yang dipotong ukir dengan pola tulisan 'BABUSSALAM' seakan menyambut tamu Allah Swt penuh keramahan.

Masjid Babussalam Sibuluan tampak dari depan
Beranjak ke bagian dalam, terhampar karpet yang bersih. Sebuah mimbar terdapat di dalam mihrab dengan konsep sederhana, tapi tetap indah dengan hiasan dan tiang keramik.

Bagian mihrab masjid Babussalam Sibuluan
Di atas tempat sholat wanita, terdapat lantai dua yang cukup luas. Ukiran kaligrafi ayat-ayat suci memperindah tampilan.

Lantai dua dilihat dari bawah
Sesuai dengan konsep 'garden in the mosquoe', sebuah taman kecil dibina di samping masjid. Taman ini akan dilewati jamaah ketika berjalan menuju kamar kecil atau tempat wudhu. Saya teringat dengan masjid Al-Muhajirin di Aur Duri, Air Tiris yang juga memiliki taman kecil dan tempat rehat di sebelah beranda.
 


Suasana taman begitu bersih. Sebuah kolam kecil berisi ikan nila merah semakin mempercantik suasana dalam masjid.

taman di masjid Babussalam Sibuluan, Pandan.

No comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan ya... :D

Lukisan dan Titik Merah

Setelah menyelesaikan sebuah lukisan, seorang seniman merasa sangat puas. Pikirnya, inilah lukisan terbaik yang pernah ia buat sepanjang ...