Friday, July 24, 2015

Jika Engkau Bermaksiat Kepada Allah di Suatu Tempat...

Syaikhul Akbar Muhyiddin Abu Abdillah Al-Andalusi atau yang lebih dikenal dengan nama Ibnu Al-Arabi (wafat 628 H) berwasiat dalam kitabnya Al-Washaya:


Artinya:
Bila engkau melakukan suatu maksiat kepada Allah Swt di suatu tempat, maka janganlah engkau tinggalkan tempat tersebut sebelum engkau melakukan suatu ketaatan di tempat itu, dan jangan engkau tinggalkan sebelum engkau sempat melaksankan ibadah di tempat tersebut. Ingatlah, suatu saat tempat itu akan menjadi saksimu di akhirat, maka sebagaimana ia bersaksi engkau telah melakukan maksiat padanya, ia pun akan bersaksi bahwa engkau telah melaksanakan ketaatan padanya.

Demikian juga, bila engkau melakukan maksiat kepada Allah Swt saat mengenakan suatu pakaian, maka seperti yang telah aku sebutkan, beribadah juga lah kepada Allah selagi engkau memakai pakaian tersebut!

Demikian juga, hendaknya ketika engkau mencukur kumis, mencukur bulu kemaluan, memotong kuku, menyisir rambut, membersihkan sesuatu yang kotor di tubuhmu, maka hendaknya janganlah bagian-bagian dari tubuhmu itu meninggalkanmu kecuali engkau dalam keadaan suci dan berzikir kepada Allah Swt! Ingatlah, semua itu akan ditanya tentang bagaimana mereka meninggalkanmu! Dan seminimal ibadah yang dapat engkau lakukan saat mengerjakan semua itu adalah berdoa kepada Allah Swt semoga Dia mengampunimu atas dosa yang pernah diperbuat anggota tubuhmu itu! Sebab berdoa itu adalah perintah Allah Swt...

[dari kitab al-Washaya, Ibn Al-Arabi, Cet. Maktabah al-Mutanabbi, Kairo, halaman: 8]


No comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan ya... :D

Kisah Sang Imam 1001 Dalil

Suatu ketika, Imam al-Fakhrur Razi (w. 605 H) berjalan di kota Ray, dengan diiringi barisan muridnya yang begitu banyak. Tak lama, romb...