Monday, July 27, 2015

Menjala Ikan di Sungai Nil, Sudan

Sungai Nil yang mengalir di sepanjang benua Afrika adalah berkah bagi penduduk di sekitarnya. Salah satu negara yang dilewati 'sungai suci' ini adalah Sudan.

Bahkan, Sudan merupakan tempat pertemuan dua aliran Nil, yaitu Nil Biru dan Nil Putih. Dari pertemuan inilah lahir Nil Besar yang bermuara hingga ke kawasan Delta, utara Mesir.

Dari sungai ini lahir kehidupan. Nil menjadi tempat banyak orang menggantungkan hidup; airnya mereka minum, ikannya mereka makan, alirannya mengalirkan listrik untuk penerangan.

Tahun 2010 lalu, saya berkesempatan melihat salah satu satu aktifitas masyarakat pencari ikan di sepanjang aliran Nil di Sudan. Meski biasa saja, tapi bagi saya ini istimewa!

Bagi pecinta sungai seperti saya, momen menyaksikan nelayan tradisional menjala ikan di sungai yang menghanyutkan 'nabi Musa as' ini adalah amat ekosotik, meski ikannya tak jauh berbeda dengan ikan di tempat kita; nila dan lele.





No comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan ya... :D

Lukisan dan Titik Merah

Setelah menyelesaikan sebuah lukisan, seorang seniman merasa sangat puas. Pikirnya, inilah lukisan terbaik yang pernah ia buat sepanjang ...