Thursday, August 27, 2015

Bagian Tubuh Manusia Yang Pertama Diciptakan Allah Swt

Dalam kitab Riyadhah al-Nafs halaman 50, Imam Abu Abdillah Muhammad bin Ali bin al-Hasan bin Basyir [wafat 319H] atau yang lebih dikenal dengan nama Al-Hakim al-Tarmidzi (bukan Imam at-Tirmidzi Abu Isa si perawi hadits sunan) menukil sebuah riwayat sebagai berikut:

Kami diberitahu oleh Shalih bin Abdullah, [ia berkata] kami diberitahu oleh Jarir, [ia berkata] kami diberitahu oleh Laits, dari Abu Najih dan Abdullah bin Umar radhiyallahu 'anhu, beliau berkata:

"Bagian tubuh manusia pertama yang diciptakan Allah Swt adalah farajnya [kemaluannya]. Kemudian Allah Swt berfirman: "Aku sembunyikan bagian ini pada tubuhmu, maka janganlah engkau lepaskan [tempatkan] kecuali pada haknya".

Al-Hakim al-Tarmizi lalu berkata:

Maka dari itu, kemaluan adalah amanah, penglihatan adalah amanah, pendengaran adalah amanah, lisan adalah amanah, tangan adalah amanah, kaki adalah amanah, dan perut adalah amanah. 

Allah Swt memulai penciptaan manusia dari farajnya, sebab seluruh bagian tubuh manusia itu ikut serta ketika faraj itu dipergunakan, dan dari situlah muncul rasa kenikmatan yang tertinggi, dan dengan itu pula manusia terjerumus ke neraka.


No comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan ya... :D

Kisah Sang Imam 1001 Dalil

Suatu ketika, Imam al-Fakhrur Razi (w. 605 H) berjalan di kota Ray, dengan diiringi barisan muridnya yang begitu banyak. Tak lama, romb...