Tuesday, August 25, 2015

Sepakbola Indonesia Bisa Lebih Hebat Dari Belanda... Bagaimana Bisa?

Kalimat seperti judul di atas dapat dibaca dalam buku berjudul 'Gara-Gara Indonesia' yang ditulis oleh Agung Pribadi.

Dengan judul yang cukup menggelitik, buku ini sebenarnya bisa dikatakan sebagai buku sejarah dengan gaya penulisan tidak konvensional. Karenanya pada sub judul kecil buku ini tertulis: dari sejarah kita belajar untuk masa depan.

Penulis buku ini disebut sebagai The 1st Historivator in Indonesia.

Tapi, apa itu Historivator? Bagi saya pribadi ini adalah istilah baru. Karena belum menemukan makna pastinya di kamus atau ensiklopedia, barangkali bisa diduga bahwa maksud historivator adalah seorang motivator yang menggali insipirasi dan motivasi dari latar sejarah. Barangkali demikian.

Seorang historivator tidak hanya membaca sejarah sebagai deretan tanggal-tanggal dan kronologi tahun yang berisi peristiwa. tapi ia mencoba menggali makna dan inspirasi di balik kejadian yang telah berlaku untuk dijadikan penyemangat di masa depan.

Bagi seorang historivator, timeline kehidupan selalu punya nilai penggelora. Tidak ada kamus pesimis bagi seorang historivator. Seburuk apapun yang terjadi saat ini bukan penghalang dan pemadam api semangat untuk terus maju.

Maka dari sini, muncullah judul postingan di atas. Silahkan baca petikan halaman 179 dan 180:




No comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan ya... :D

Lukisan dan Titik Merah

Setelah menyelesaikan sebuah lukisan, seorang seniman merasa sangat puas. Pikirnya, inilah lukisan terbaik yang pernah ia buat sepanjang ...