Friday, February 26, 2016

Awas! Ada Buaya Darat, Mertua Galak dan Bang Toyib Lalu Lalang di Kota Mekkah!

Mana yang lebih mengerikan, mertua galak atau buaya darat? Bagi wanita, buaya darat adalah momok yang menakutkan. Tapi bagi pria, mertua galak bisa bikin lutut gemetaran! Barangkali, Bang Toyib yang sudah 8 kali lebaran nggak pulang-pulang tahu jawabannya!

Tapi bagaimana jadinya kalau mertua galak, buaya darat dan bang toyib kumpul di satu tempat? Ternyata mereka bisa akur dan memberi manfaat bagi orang banyak. Tidak percaya? Datanglah ke Mekkah dan buktikan!

Begini ceritanya. 'Mertua Galak', 'Buaya Darat' dan 'Bang Toyib' memang sering ngumpul bareng di dekat Masjidil Haram! Tapi jangan salah paham dulu, mereka ini sebenarnya bukan manusia, tapi hanya bus kota.

Ya, entah ide nakal siapa, beberapa Bus Saptco yang berkhidmat mengangkut penumpang di sekitar Masjidil Haram diberi merek digital dengan nama-nama tersebut, ada 'Mertua Galak', ada 'Buaya Darat' dan ada 'Bang Toyib'.

Begiini penampakannya:

Bus Saptco bertuliskan Buaya Darat (bus Nomor 4)
kalau ini bus saptco bertuliskan 'Mertua Galak' (bus Nomor 10)
kalau yang ini bus Saptco bertuliskan Bang Toyib (Bus Nomor 8)

Karena istilah-istilah ini populernya di Indonesia, kuat dugaan merek-merek bus ini dibuat oleh orang Indonesia..  Barangkali saja sopir bus ini dulunya orang Indonesia,

Ohya, Bus Saptco adalah angkutan umum yang berada di bawah naungan perusahaan SAPTCO, sebuah perusahaan transportasi milik Saudi Arabia. Di kota Mekkah, bus ini sangat berjasa mengantarkan jamaah haji dan umroh bepergian dari pemondokan mereka ke Masjidil Haram, pulang pergi. Di dekat kawasan Syi'b Amir, terdapat stasiun bus Saptco yang siap melayani tamu-tamu Allah.

Orang Indonesia biasanya jarang menggunakan fasilitas ini, karena pemondokan mereka agak dekat dengan masjid. Biasanya, jemaah dari Turki dan Asia Selatan yang paling sering memanfaatkan angkutan murah meriah ini.

Selain beroperasi di Mekkah, Sapco juga beroperasi di Jeddah, Madinah al-Munawwarah dan Riyadh. Saat ini,  bus ini Saptco juga melayani angkutan ke Bandara di beberapa kota di Arab Saudi.

Soal armada jangan di tanya! Walau ongkos murah, tapi busnya super. Saptco mengoperasikan tak kurang dari 3000 armada angkutan yang terdiri dari mobil-mobil berkelas sebagai berikut:

- Mercedes Benz SHD model 2009
- Mercedes Conecto
- Mercedes VIP
- Volvo V15
- Volvo B7R
- Mercedes 0350 Tourismo MBT
- Mercedes 404 SHD
- Mercedes 0560 RHD
- Mercedes Intra-City Gran Viale

Selain itu, SAPTCO juga melayani angkutan executive dengan armada AUDI A8. Selain angkutan dalam kota, Saptco juga melayani angkutan antar kota, seperti rute Makkah-Madinah dll.

Untuk meningkatkan layanan dan performa, SAPTCO bekerja sama dengan perusahaan multinasional seperti Ratp Dev asal Perancis yang sudah ternama seantero jagad dalam pelayanan bus umum. Rencananya, Saptco akan beroperasi di 49 kota seantero Saudi dan bakal didaulat sebagai salah satu jaringan bus terbesar di dunia.

Jadi, mulai sekarang jangan takut sama mertua galak dan buaya darat!

No comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan ya... :D

Lukisan dan Titik Merah

Setelah menyelesaikan sebuah lukisan, seorang seniman merasa sangat puas. Pikirnya, inilah lukisan terbaik yang pernah ia buat sepanjang ...